Anak Empat Tahun Digoda Kue Lezat

Adakah hubungan antara tingkat kecerdasan dan kemampuan mengendalikan diri? Sebuah riset psikologi membuktikan bahwa memang ada hubungan di antara keduanya. Walter Mischel, psikolog Amerika Serikat, memperlihatkan hubungan tersebut lewat eksperimen yang terkenal di dunia psikologi.

Inti eksperimen Mischel ialah menempatkan anak-anak berusia empat tahun dalam situasi yang sangat dilematis. Mereka diberikan pilihan antara imbalan sekadarnya yakni hanya satu Oreo atau mendapatkan imbalan yang lebih besar berupa dua potong kue. Imbalan pertama dapat diperoleh oleh masing-masing anak setiap saat. Mereka tinggal memberi tanda bahwa mereka akan memakan Oreo. Sebaliknya, imbalan kedua menuntut masing-masing anak untuk menunggu 15 menit dalam kondisi “penuh cobaan” yakni duduk di hadapan Oreo.

Uji coba dilakukan dengan anak-anak berusia empat tahun itu dibiarkan sendiri dalam sebuah ruangan. Di hadapan anak-anak itu, ada meja dengan dua obyek yakni sebuah kue dan bel yang dapat dibunyikan setiap saat untuk memberi tahu pengawas. Anak yang membunyikan bel akan mendapatkan satu Oreo. Tidak ada mainan, buku, gambar atau benda-benda lain lain yang dapat mengganggu konsetrasi anak menghadapi “cobaan”. Pengawas akan datang ke ruangan percobaan kalau bel dibunyikan, atau ketika ada anak memakan kue, ada anak berdiri, atau anak menunjukkan bentuk ketegangan lainnya. Anak-anak diawasi lewat cermin satu arah.

Dalam buku Thinking, Fast and Slow  karya peraih Nobel Ekonomi 2002 Daniel Kahneman, dituliskan bahwa sekitar separuh dari anak-anak tersebut bisa menahan diri selama 15 menit, caranya terutama dengan berusaha menjauhkan diri dari godaan satu Oreo yang berada di meja. Pada 10 atau 15 tahun kemudian, didapatkan gap besar antara mereka yang berhasil menahan godaan dan mereka yang tidak mampu menahan cobaan. Mereka yang bertahan ternyata memiliki kemampuan kontrol yang baik dalam tugas-tugas kognitif, dan khususnya kemampuan mendistribusikan perhatian secara efektif.

Daniel Kahneman Book

Sebagai remaja, mereka memiliki kemungkinan kecil untuk terlibat dalam penggunaan obat terlarang. Anak-anak yang sanggup menahan diri dalam usia empat tahun juga menunjukkan skor lebih tinggi dalam tes IQ.

Berikut adalah rekaman video perobaan yang menggunakan imbalan kue busa atau marshmallow. Percobaan ini dilakukan dengan memakai gagasan Mischel.

Jadi, apakah kecerdasan menentukan kemampuan kontrol diri?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s